Kamis, 18 Desember 2008

wiper mobil


Ternyata wiper mobil oleh seorang wanita !!!
Setelah memperhatikan seorang supir yang harus berulang kali membersihkan jendela mobil saat sedang hujan atau turun salju, tahun 1903. Mary Andersons menciptakan Windshield wiper dan mematenkannya dua tahun kemudian.

Tahun 1916 ciptaannya itu menjadi peralatan standar yang harus ada di setiap mobil di Amerika.
Di musim hujan begini, wiper menjadi sangat vital. Kesal banget pasti kalau wiper ngadat di tengah hujan deras, sementara tujuan kita masih jauh.

Bila wiper mobil tidak mau bergerak, bisa jadi karena karat yang timbul karena lama tidak digunakan. Karat biasanya terdapat di link wiper. karat juag bsia muncul antara as wiper dan rumahnya. Kalau begitu jangan paksa penghapus kaca bekerja karena dinamo bisa terbakar.

Mengatasinya, cabut selang dari dinamo. Lalu mekanis wiper digerakkan sambil disemprot penetran hingga bisa bergerak lagi. "Pakai tangan saja, jangan pakai dinamo menggerakannya, nanti keberatan," saran Adhy Santosa, pemilik Alfa Jaya Motor di Jl Raya Joglo, Jakarta. Namun jika penyakit wiper tidak juga sembuh, bisa jadi dinamo wiper sudah terbakar.

Masalah lain adalah bila air wiper tidak juga muncrat. Kemungkinan nosel penyembur mampet atau slang penyalurairnya terjepit. Tetapi kalau ditemui gejala tangkai wiper tidak mau bergerak dan airnya tidak muncrat, lebih baik langsung periksa. Barangkali sekring putus atau switchnya rusak.

Jangan lupakan juga motor air wiper, kalau rusak memang harus diganti. Untuk mobil jenis Toyota Kijang misalnya, harganya tdiak sampai Rp100 ribu.

Hanya saja perlu diperiksa dulu, saat sakelar difungsikan, apa motor wiper masih bunyi. Kalau ya, berarti hanya slang air yang ketekuk

Tidak ada komentar:

SELAMAT DATANG

hALO..HALO..HALO.. apa kabar semua.. gw lagi belajar blog niih.. masih banyak butuh ilmu.. kalo ada yang mau bagi-bagi ilmu kirim dung ke email gW.. >> khairunnisa.ipa5@gmail.com